Harry S Truman, Presiden yang Sederhana

A.   Latar Belakang
 
Harry S Truman adalah seorang presiden Amerika Serikat yang ke-33. Harry S. Truman lahir di Lamar, Missouri, 8 Mei 1884 dan dibesarkan dikota Independence.Kariernya berawal ketika ia ke Prancis sebagai seorang Kapten pada Perang Dunia I.Pada tahun 1919 ia kembali ke kotanya dan menanam sejumlah uang simpanannya pada sebuah toko perusahaan pakaian,namun usahanya menuai kegagalan.Meskipun begitu Truman bukanlah orang yang mudah menyerah.Ia aktif dalam kegiatan partai demokrat.Ia kemudian menikah dengan seorang gadis bernama Bess Wallace pada 28 Juni dan dikaruniai seorang putri.Mereka hidup bersama sebagai seorang petani yang makmur selama 12 tahun.
Nasib baik rupanya berpihak pada Truman,ia terpilih menjadi Jaksa Daerah meskipun sebenarnya ia bukan seorang ahli hukum.Ia pun mengikuti kuliah malam di sebuah Sekolah Tinggi Hukum selama 2 tahun untuk meningkatkan kemampuannya.Kemudian,Ia juga diangkat menjadi Ketua Panitia Penyelidik Perang di Senat pada Perang Dunia II.Tugasnya adalah menyelidiki pemborosan uang negara dan korupsi.
Puncak kariernya berada pada 1944 dimana Harry S Truman menjadi wakil presiden di bawah Presiden Franklin Roosevelt.Ketika Presiden Roosevelt meninggal dunia pada 12 April 1945, Harry S. Truman diangkat menjadi presiden.Sebagai Presiden, Harry Truman mengambil beberapa keputusan yang paling berarti dalam sejarah. Setelah Jerman ditaklukkan dalam Perang Dunia II, Amerika Serikat mendesak Jepang agar menyerah, tapi Jepang menolak.Setelah berunding dengan penasehat-penasehatnya, Presiden Truman memerintahkan agar kota-kota Jepang yang giat dalam usaha-usaha perang, diserang dengan bom atom. Dua di antaranya adalah Hiroshima dan Nagasaki.Sesudah kedua kota tersebut dibom dengan bom atom, Jepang pun menyerah.
Pada 1945, Harry Truman menyaksikan penandatanganan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dibentuk dengan penuh harapan untuk menjamin perdamaian.Sampai saat itu, Presiden Truman selalu mengikuti politik Presiden yang digantikannya yakni Presiden Franklin Roosevelt, tapi kemudian ia menyusun politiknya sendiri.la menyampaikan kepada Kongres satu program yang terdiri dari 21 pasal, yang isinya antara lain :
a. Mendesak agar jaminan sosial diperluas.
b. Pengangguran dihapuskan.
c. Perumahan rakyat dibangun.
d. Daerah-daerah kota yang sudah rusak dibangun kembali.
e. Programnya itu dikenal sebagai Fair Deal atau Tindakan Adil.
Pada 1947, sewaktu Uni Sovyet melancarkan tekanan-tekanan terhadap Turki melalui kaum gerilya dan mengancam untuk menguasai Yunani, Presiden Harry Truman menganjurkan kepada Kongres kedua negara tersebut sebuah program yang kemudian dikenal sebagai Doktrin Truman dan Rencana Marshall yang memakai nama menteri luar negerinya. Program ini mendorong pembangunan ekonomi secara besar-besaran di Eropa Barat yang semula hancur akibat perang.
Doktrin Truman adalah kebijakan yang ditetapkan oleh Presiden AS Harry S. Truman pada 12 Maret 1947 yang menyatakan bahwa AS akan mendukung Yunani dan Turki dengan bantuan ekonomi dan militer untuk mencegah mereka jatuh ke dalam lingkup Soviet.
Truman menyatakan bahwa doktrin “kebijakan Amerika Serikat untuk mendukung masyarakat bebas yang melawan mencoba penaklukan oleh minoritas bersenjata atau oleh tekanan luar.” Truman beralasan, karena “rezim totaliter” memaksa “orang bebas,” direpresentasikan sebagai ancaman mereka bagi perdamaian internasional dan keamanan nasional Amerika Serikat. Truman membuat pembelaan di tengah krisis Perang Saudara Yunani (1946-1949). Ia berpendapat bahwa jika Yunani dan Turki tidak menerima bantuan yang mereka sangat membutuhkannya, mereka pasti akan jatuh ke komunisme dengan konsekuensi serius di seluruh wilayah.
Selama bertahun-tahun Inggris telah mendukung Yunani, tapi sekarang kebangkrutan dekat dan dipaksa untuk secara radikal mengurangi keterlibatannya. Pada bulan Februari 1947, Inggris secara resmi meminta Amerika Serikat mengambil alih perannya dalam mendukung pemerintah Yunani.
Kebijakan ini memenangkan dukungan dari Partai Republik yang menguasai Kongres dan terlibat mengirimkan $ 400 juta di uang Amerika, tapi ada kekuatan militer, ke wilayah tersebut. Efeknya adalah untuk mengakhiri ancaman Komunis, dan pada tahun 1952 kedua negara bergabung dengan NATO, aliansi militer yang menjamin perlindungan mereka.
Ajaran ini secara informal diperpanjang menjadi dasar kebijakan Perang Dingin Amerika di seluruh Eropa dan di seluruh dunia. Hal ini menggeser kebijakan luar negeri Amerika terhadap Uni Soviet dari détente (persahabatan) ke, seperti yang diutarakan George F. Kennan, ekspansi kebijakan penahanan Soviet. Sejarawan sering menggunakan pengumuman untuk menandai tanggal dimulainya Perang Dingin.
Harry Truman dua kali menjabat presiden. Masa jabatan yang kedua ini dimulai pada tahun 1949.
Harry S. Truman meninggalkan Gedung Putih pada 1953 dan pindah menetap ke kampung halamannya di Independence, Missouri, tempat dia dan isterinya tinggal sebelum ia menjadi presiden. Dahulu di tempat ini ia dan istrinya hidup makmur sebagai petani selama 12 tahun. Di sana ia menulis buku kenangan-kenangannya.Truman meninggal pada 26 Desember 1972 di rumahnya (di Kansas City, Missouri) dalam usia 88 tahun.
 
B.   Kontribusi
 
Harry S Truman menyumbangkan beberapa kontribusi dalam masa jabatannya,yaitu :
Saat ia diangkat menjadi Ketua Panitia Penyelidik Perang di Senat pada Perang Dunia II.Tugasnya adalah menyelidiki pemborosan uang negara dan korupsi. Diperkirakan dalam masa jabatannya ia telah menyelamatkan uang negara sebanyak 15 milyar dollar.
Pada 1945, Ia menyusun politiknya sendiri saat menyaksikan penandatanganan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dibentuk dengan penuh harapan untuk menjamin perdamaian. la menyampaikan kepada Kongres satu program yang dikenal sebagai Fair Deal atau Tindakan Adil.
Pada 1947, sewaktu Uni Sovyet melancarkan tekanan-tekanan terhadap Turki melalui kaum gerilya dan mengancam untuk menguasai Yunani, Presiden Harry Truman menganjurkan kepada Kongres kedua negara tersebut sebuah program yang kemudian dikenal sebagai Doktrin Truman dan Rencana Marshall yang memakai nama menteri luar negerinya. Program ini mendorong pembangunan ekonomi secara besar-besaran di Eropa Barat yang semula hancur akibat perang.
Pada saat menjabat menjadi presiden untuk kedua kalinya,dalam bidang luar negeri, ia telah berperan dalam hal-hal seperti :
-Memaksa Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.
-Membentuk NATO dan Badan Keamanan Bersama sebagai pertahanan terhadap perluasan kekuasaan Komunis.
-Memberi kuasa kepada angkatan perang Amerika untuk bergabung dengan tentara Perserikatan Bangsa Bangsa untuk melawan agresi komunis di Korea Selatan.

C.   Kelebihan dan Kekurangan
 
Harry S Truman merupakan Presiden yang memiliki sikap yang sederhana. Ia membuat banyak keputusan penting yang bersangkutan dengan sejarah negaranya,sama seperti Presiden-presiden terdahulu. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kehidupan setelah ia tidak menjadi presiden sangatlah menarik karena ia begitu sederhana. Satu-satunya kekayaan yang ia miliki pada saat ia meninggal adalah rumah yang ia tinggali di Independence, Missouri. Dan sebenarnya rumah itu adalah warisan yg diterima oleh istrinya dari orang tuanya. Selain selama mereka tinggal di Gedung Putih, selama hidupnya ia dan istrinya tinggal di rumah itu.
Pada waktu ia pensiun sebagai Presiden pada tahun 1953, penghasilannya adalah uang pensiun sebagai Perwira Angkatan Darat sebesar $.13.507 setahun ($.1.100 sebulan). Ketika mengetahui bahwa ia membayar sendiri perangko yg ia gunakan utk berkirim surat dan menempelkannya sendiri dengan menggunakan lidahnya, Congress memutuskan untuk memberikan tunjangan khusus dan kemudian memberikannya sebuah pensiun yang berlaku surut ke th. 1953 sebesar $.25.000,- setahun.
Setelah Eisenhower di sumpah menjadi Presiden, Harry Truman dan istrinya mengemudikan sendiri mobil tua mereka pulang ke Missouri. Tidak ada anggota Dinas Rahasia yang mengawal mereka. Ketika ditawari jabatan Komisaris Utama dan Penasihat pada perusahaan-perusahaan raksasa A.S dengan gaji besar ia menolaknya dan mengatakan sbb: “Anda tidak membutuhkan saya. Yang anda butuhkan adalah posisi Presiden A.S. Jabatan itu bukan milik saya tapi milik bangsa A. S dan itu tidak untuk dijual”.Bahkan kemudian, pada tgl 6 Mei 1971, ketika Congress berniat menganugerahkan medali kehormatan tertinggi (“Medal of Honor”) pada acara ulang tahunnya yang ke 87, ia menolaknya dengan menulis surat “Saya tidak merasa telah melakukan sesuatu yang menjadikan saya berhak untuk mendapatkan penghargaan Congress atau apapun. Semua yang telah saya lakukan adalah kewajiban sebagai Presiden”. Sebagai presiden Truman juga membayar semua biaya perjalanan pribadi dan makanannya.
Apa yang dilakukan oleh Presiden Truman berbeda sekali dengan apa yang dilakukan oleh politisi masa kini. Bahkan, banyak anggota DPR juga menemukan cara untuk memperkaya diri dengan menggunakan kekuasaan mereka selama menjadi politisi dengan membuat studi banding yang diluar akal sehat atau menjadi makelar penyusunan RUU yang akan disahkan. Atau pejabat negara yang miskin sebelum menjadi pejabat tapi sontak menjadi kaya raya setelah selesai menjabat. Apa yang dilakukan Harry S Truman bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dalam memimpin negara dan mengerti batasan hak dan tanggung jawab warga negara.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Harry S Trauman adalah sikapnya yang bersahaja dan rendah hati.Hal ini terbukti dari kehidupannya selama menjadi presiden ataupun setelah  lengser dari posisinya.Ia tidak berusaha memperkaya diri dengan kekuasaan yang ia miliki.Ia membuat berbagai keputusan bijak terkait masalah yang sedang dihadapi oleh bangsanya.Ada beberapa kata-kata bijak yang dibuat olehnya,yaitu :
” Apa yang Anda capai adalah sesuatu yang menakjubkan jika Anda tidak peduli siapa yang mendapatkan imbalannya.”
– HARRY S. TRUMAN –
 Jika Anda tidak tahan dengan panas, keluarlah dari dapur.”
– HARRY S. TRUMAN –
Disiplin pribadi (diri sendiri) adalah suatu hal yang datang terlebih dulu. Pemimpin tidak akan berhasil memimpin orang lain apabila ia belum berhasil memimpin dirinya sendiri.
-Harry S Truman-
Selain itu ia seorang yang tidak membangga-banggakan hal-hal yang  telah ia lakukan. Terbukti pada acara ulang tahunnya yang ke 87, ia menolaknya dengan menulis surat “Saya tidak merasa telah melakukan sesuatu yang menjadikan saya berhak untuk mendapatkan penghargaan Congress atau apapun. Semua yang telah saya lakukan adalah kewajiban sebagai Presiden”.
 
 
 

Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Harry_S._Truman
http://anton-djakarta.blogspot.com/2011/10/kisah-kesederhanaan-presiden-truman.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Doktrin_Truman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s